POLA PERJALANAN WISATA

Rute perjalanan wisata Teluk Lampung dan sekitarnya dimulai dari Kota Bandar Lampung menyusuri teluk Lampung di Kabupaten Pesawaran. Rute ini melintasi banyak pantai dan pulau yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Puri Gading, Duta Wisata, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara dan sebagainnya. Untuk pulau rute perjalan wisata ini melintasi Pulau Tangkil, Pulau Tegal Mas, Pulau Kelagian, Pulau Legundi, Pulau Loh, Pulau Pahawang yang terkenal dengan eksotisnya keindahan alam bawah laut dengan ikan nemo dan terumbu karang. Wisata buatan yang dilintasi adalah muncak dimana wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan teluk lampung dari ketinggian. Untuk penginapan wisatawan dapat bermalam dipantai/pulau karena sudah tersedia cottage seperti di Pulau Pahawang dan Pulau Tegal Mas.

PANTAI MUTUN DAN PULAU TANGKIL

Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota, menawarkan keindahan alam panorama pantai berpasir putih yang masih alami menghadap Teluk Lampung. Pantai Mutun merupakan pantai yang paling dekat dengan Bandar Lampung. Terletak di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin, dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 20 menit dari pusat kota Telukbetung. Fasilitas rekreasi : pondokan, penyewaan perahu, kano, banana boat serta arena outbound dan berkemah di Pulau Tangkil. Pulau ini dapat ditempuh sekitar 15 menit, memiliki luas kurang lebih 12 hektar dengan fasilitas berupa penginapan, agro wisata, watersport, kendaraan ATV dan arena outbound. Pada saat week end Pengunjung selalu ramai datang ke tempat ini untuk rekreasi dan refreshing. CP. Marianah: 081369719817.

PANTAI SARI RINGGUNG & PULAU TEGAL

Pulau Tegal masuk dalam wilayah Desa Gebang Kecamatan Padang  Cermin  Kabupaten  Pesawaran.  Pulau ini merupakan pulau favorit untuk snorkeling bagi pecinta wisata bahari lokal Bandar Lampung. letaknya yang tidak jauh dan kondisi perairan yang  cukup terjaga  menjadikan pulau tegal tempat rekreasi favorit akhir pekan. Untuk mencapai Pulau Tegal dapat menyewa Perahu dari pantai Sari Ringgung masuk di  km 15 arah menuju pantai.

 

 

PANTAI KLARA

Nama Klara diambil dari kependekan dari Kelapa Rapat. Dimana lokasi pantai ini sangat banyak pohon kelapa yang jaraknya berdekatan sehingga membentuk kanopi atau peneduh bibir pantai. Lokasi Pantai Klara (km 22) tepat di teluk Lampung menghadap Barat Daya. Ombaknya tak terlalu besar, sehingga memberikan rasa aman bagi pengunjung. Pasir putih yang mendominasi pantai ini merupakan panorama alam yang sangat menakjubkan. Melewati gerbang pangkalan TNI AL dan dermaga di sekitar Padang Cermin (lihat gambar), kita harus bersiap-siap tiba di lokasi. Disambut oleh pantai indah yang pertama yaitu Klara II kemudian Klara 2 pantai yang dimaksud. Setiap mobil dikenakan tiket masuk Rp. 25.000 tanpa memperhitungkan jumlah penumpang. Jelas lebih murah dari pantai-pantai yang lain.

Keunggulan dari Pantai Klara:

  1. Pantai sangat landai, memiliki pasir yang sangat halus dan putih bersih dan bebas krikil.
  2. Kita disajikan   pemandangan   pulau-pulau   yang   berjejer didepan pantai.
  3. Tarif-tarif fasilitas tambahan  adalah  sebagai  berikut,  sewa gubuk 25 rb sepuasnya, sewa kano 15rb/jam, naik perahu, 10 rb /orang (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

PULAU KELAGIAN

Tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang (km 21) hanya sekitar perjalanan laut kurang lebih 5 menit, di depan perjalanan akan nampak pulau yang cukup besar. Inilah Pulau Kelagian, di beberapa titik terdapat spot yang cukup menarik untuk snorkeling atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan di pinggiran pantai berpasir putihnya.

 

PULAU PAHAWANG

Pulau Pahawang (sekitar 5 menit dari Pulau Kelagian) terletak di Teluk Lampung.  Secara  administratif  masuk  di wilayah  Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran. Total luas pulau Pahawang ​​1,084 ha dihuni oleh sekitar 400 kepala keluarga. Pulau ini dikenal dengan hutan mangrovenya dan pantai pasir putih yang panjang.  Pantai pasir yang memanjang akan timbul seperti pulau pasir di Pahawang  Lunik  bila sedang  surut.  Pulau  ini sering  dikunjungi untuk   snorkeling   atau   sekedar   santai   atau   di   pasir   putih. Keindahan terumbu karang dan ikan laut bisa dilihat hanya beberapa meter dari pinggir pantai. Kumpulan ikan warna-warni begitu dekat saat menyelami  pantai Pahawang.  Beberapa  jenis terumbu karang yang ada di pulau ini adalah karang jahe, karang kapur, karang  otak, karang  nanas,  karang  anemon,  dan karang seroja. Jenis ikan yang masih ada di pulau, seperti ikan nyongyong hitam dan kuning, ikan batok biru, ikan tempala, dan ikan naso. Nama ikan dan terumbu karang ini yang biasa digunakan masyarakat Pahawang. Perjalanan menuju pulau Pahawang dapat dicapai melalui Dermaga Ketapang selama 40 menit. Perjalanan menuju pulau menjadi bagian dari wisata yang sangat menyenangkan. Apalagi jika perjalanan dilakukan menjelang matahari tengelam. Pemadangan sunset menjadi hal yang begitu menyenangkan  untuk diabadikan  dalam foto. Terdapat  fasilitas homestay  (15  buah)  dan  cottage  (10  buah),  CP.  Isnen  Hayani 081279036171, Ahmad 081279296987, Slamet 081271446651.

PULAU TANJUNG PUTUS

Pulai  Tanjung  Putus  dapat  ditempuh  dengan  perjalanan  laut sekitar 20 menit dari Pelabuhan Ketapang / 10 menit dari Pulau Pahawang pada saat cuaca cerah & gelombang laut kecil. Pulau ini disebut Tanjung Putus dikarenakan  pulau ini dahulunya  adalah menyatu dengan daratan. akan tetapi karena erosi maka ujung daratan terputus membetnuk pulau yang hanya dipisahkan beberapa meter saja. Selat kecil yang memisahkan pulau banyak digunakan untuk budidaya ikan laut dalam keramba dikarenakan arus dan ombak yang tenang.   Salah satu dermaga menyajikan atraksi ikan yang serta merta berkumpul bila ditaburkan makanan roti kering. Tanjung Putus juga merupakan base camp   dari perkumpulan   penyelam   yang  tergabung   dalam   club  Corona Diving.

 

PULAU BALAK, LOH DAN LUNIK

Balak (32 Ha), Loh (11 Ha) and Lunik Island (1 Ha) terletak tidak jauh dari Pulau Tanjung Putus. ketiga pulau kecil ini mempunyai pasir pantai yang bersih dan putih. beberapa spot snorkeling terdapat di antara Pulau Balak dan Loh. Dermaga tersedia di Pulau Balak sedangkan di Loh dan Lunik tidak tersedia.

MUNCAK TEROPONG LAUT

Lokasi destinasi yang lagi kekinian ini terletak di perbatasan Kota Bandar  Lampung  dengan Kabupaten Pesawaran tepatnya  di Desa Teluk Pandan. Para pengunjung dapat berfoto di balkon kayu dengan latar Teluk Lampung. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung (sekitar 15-20 menit) dengan akses jalan yang cukup bagus. Tersedia lokasi parkir, kios makanan dan mushola. Spot foto menarik berupa rumah pohon berbentuk love, jembatan cinta, bentuk kapal dll. Tidak jauh dari lokasi ini banyak lokasi serupa, di Jalan R.E. Martadinata samping kuburan Cina yaitu Villa Gardenia.

 

PANTAI DEWI MANDAPA

Pantai unik ini berlokasi di Desa Gebang Hanura Pesawaran. Keunikan dari pantai ini adalah hamparan pasir putih dan alam bawah laut yang indah dengan air laut biru yang melenakan mata. Berada di daerah rawa eks hutan mangrove dan tambak udang yang menghadirkan banyak spot foto. Spot foto diantaranya jembatan kayu yang menghubungkan pulau-pulau kecil dan membelah hutan mangrove. Ada sebuah pulau kecil berpasir putih dengan pondokan-pondokan, love, bunga teratai, kapal, kolam dll.

 

 

INFO PENTING : RUMAH MAKAN Padang Cermin

Sederhana Jl. Raya Hanura Padang Cermin

Pindang Ika Jl. Raya Hanura Padang Cermin HP 081279969669

Bagindo Jl. Raya Hanura Padang Cermin

Ayam Bakar Jl. Raya Hanura Padang Cermin