POLA PERJALANAN WISATA

Rute Kota Agung melewati Gedong Tataan, Pringsewu dan Kota Agung merupakan ibu kota kabupaten. Kota kota tersebut terletak di jalur transit bagi pengendara yang akan menuju Pesisir Barat, Krui, Liwa dan Bengkulu melalui jalur pesisir barat. Ada beberapa titik kunjungan ya ng perlu diketahui bila sekali waktu melewati jalur ini.

MUSEUM SEJARAH TRANSMIGRASI

Terletak 26 km dari Bandar Lampung pada jalur Bandar Lampung –  Kota  Agung   –   Krui.   Gedong   Tataan   merupakan   lokasi transmigrasi/ kolonialisasi pertama pada masa Kolonial Belanda. Pemindahan/ transmigrasi pertama kali berlangsung pada tahun 1905, asal penduduk yang ditransmigrasikan berasal dari Desa Begelen,   Keresidenan   Kedu   –   Jawa   Tengah.   Lokasi   awal pemukiman dapat dijumpai dan kini menjadi kompleks kompi senapan TNI di tengah Kota Gedong Tataan. Sebuah Gedung megah didirikan sebagai Museum Transmigrasi satu-satunya di Indonesia   berisi   catatan   sejarah,   diorama   dan   peralatan kebutuhan  ketransmigrasian.   Kedepan,  sedang  diusahakan upaya   melengkapi   rekaman   sejarah   migrasi   terbesar   di nusantara ini.

GOA MARIA PADANG BULAN

Terletak di Pringsewu (km 42) Lampung, arah barat kota Bandar Lampung atau sekitar 3 km dari Pringsewu arah Kab. Tanggamus. Rumah Retret La Verna, Fax.(0729) 21788. Peresmian 19 Agustus 1984.  Penginapan : di lokasi ada rumah Retret La Verna yang dikelola Suster-suster Fransiskanes dari Santo Gregorius, Martir( FSGM).

 

 

WISATA ALAM GUNUNG TANGGAMUS

Gunung Tanggamus dengan ketinggian 2102 Meter adalah sebuah Gunung yang tidak aktif terletak di Kabupaten Tanggamus Lampung.  Sebuah Rawa yang dikenal dengan Rawa Kabawok terletak di atas gunung sehingga menarik untuk wisata minat khusus Pendakian gunung. Area di sekitar Kota Gisting terletak di Kaki gunung dan berhawa sejuk. Tersedia Fasilitas hotel dan rumah makan di sekitar Pasar Gisting dan Gisting Bawah

MAKAM KYAI GHOLIB

Kyai Gholib merupakan seorang ulama dan pejuang pada masa perjuangan melawan penjajahan Belanda. Beliau mendirikan pesantren yang berjarak sekitar 15 menit dari kota Pringsewu ke arah Kecamatan Pulau Panggung. Beliau dimakamkan tidak jauh dari pesantren yang berliau dirikan. Selain sebagai tempat pendidikan keagamaan, tempat ini juga biasa dikunjungi oleh para peziarah.

 

 

BENDUNGAN BATU TEGI

Bendungan atau dam ini terletak di kawasan pegunungan di kaki Gunung Tanggamus dan dataran tinggi serta hamparan luas perkebunan kopi rakyat. Di atas bendungan adalah jalan beraspal yang cukup lebar sekitar 10 meter lengkap dengan trotoar, pot bunga, lampu jalan dan pagar pembatas.Selain fungsinya sebagai PLTA dan irigasi, juga dimanfaatkan sebagai objek wisata. Mengingat pemandangannya yang begitu bagus dan indah, bendungan itu memang cukup besar yaitu menyatukan dua bukit yang cukup tinggi dan air yang menggenang menengelamkan bukit-bukit kecil yang terletak di sebelah hulu bendungan. Pengunjung juga dapat pula menyewa perahu mereka untuk sekedar berkeliling danau atau memancing sambil menikmati pesona alam yang begitu indah dan sejuk Jika beruntung, berbagai jenis ikan tawar dapat dibeli, antara lain baung, gabus, patin, dan sebagainya, yang merupakan tangkapan penduduk sekitar dengan perahu motor yang kerap sandar pada dermaga Apung, dua sampai empat kali sehari. Kawasan bendungan Batu Tegi lebih tepatnya berada di dekat pusat kota kecamatan Talang Padang, dengan sebagian besar penduduknya merupakan etnis Semendo (Sumatera Selatan) yang telah menetap di wilayah ini sejak dahulu. Akses menuju tempat ini melalui kota Talang Padang kurang lebih 30 km kearah utara. Atraksi wisata yang dapat dinikmati berperahu, memancing dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim cukup sejuk.

AIR TERJUN WAY LALAAN

Air Terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya lebih kurang 200 meter. Sumber air berasal dari aliran Way Lalaan yang terletak di lembah kaki gunung Tanggamus dan aliran sungainya bermuara di Teluk Semaka. Dibuat jalur tangga semen menuju lembah air terjun, untuk  memperoleh  panorama air terjun yang sangat indah. fasilitas yang tersedia berupa shelter, kamar ganti pakaian, arena bermain anak, dan pelataran parkir. Dapat dicapai dari Bandar Lampung – Kota Agung sekitar dua jam perjalanan, 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Tanggamus, 85 km dari Bandar Lampung.

PANTAI TERBAYA

Pantai Terbaya terletak sekitar 1 kilometer sebelum memasuki Kota Agung dari arah Pringsewu. Sayangnya ombak di pantai tersebut kurang bersahabat sebagai tempat mandi laut, apalagi banyak batuan di sepanjang pantainya, sehingga kurang nyaman sebagai tempat berjalan kaki. Untuk mencapai bibir pantai dari ketinggian tempat parkir kendaraan, harus menuruni banyak anak tangga dan tampaknya tidak sesuai untuk pengunjung yang sudah berumur. Kira-kira berjarak 3 kilometer dari pantai Terbaya, anda dapat mampir ke air terjun Way Lalaan, dan tentu saja harus menuruni banyak anak tangga lagi untuk mencapai tepi sungai.

PRINGSEWU DAN DESTINASI KEKINIAN

Memanfaatkan spot-spot untuk berfoto telah menjadi trend di beberapa daerah. Begitupun halnya dengan Kabupaten Pringsewu. Kontur daerah Pringsewu yang diantaranya daerah berbukit-bukit, kebun dan dataran persawahan dengan latar belakang pemandangan yang indah mampu menjadi destinasi wisata yang diunggulkan. Berbeda dari Muncak atau Puncak Mas, Pringsewu mengandalkan perbukitan dan hamparan sawah menghijau menjadi ciri khas Kota Seribu Bambu ini.

BUKIT PJR (PANJEREJO)

Menikmati pemandangan alam Pringsewu dari ketinggian di Desa Panjerejo, tidak hanya dapat dinikmati pada pagi atau siang hari, bahkan saat malampun banyak yang bermalam di sini. Meskipun jalan yang harus ditempuh cukup lumayan terjal dan sulit, banyak pengunjung terutama anak-anak muda berkunjung ke lokasi ini. Saat kemarau, jalan akan terasa berdebu. Sedangkan saat hujan, jalan akan menjadi becek dan licin sehingga sulit untuk dilalui. Di Bukit PJR ini ada beberapa rumah pohon sederhana yang berasal dari Pokdarwis masyarakat setempat.

 

 

BUKIT BLT (BLITAREJO)

Bukit BLT di Desa Blitarejo letaknya berdekatan dengan Bukit PJR. Pengelolaan disini telah lebih baik sebagai lokasi ngehits untuk berswafoto. Di sini lebih banyak spot-spot foto kekinian. Untuk tracking menuju puncak dapat ditempuh cukup mudah. Tersedia jasa ojek sepeda motor untuk naik ke bukit dengan biaya terjangkau. Berbeda dari PJR, di BLT ini pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan sawah dengan petak-petak, aliran sungai yang seolah membentuk huruf S yang sangat panjang serta perumahan dikejauhan.

 

 

TALANG INDAH DAN BUKIT PANGONAN

Talang Indah dan Bukit Pangonan menjadi tempat hits di Pringsewu. Saat liburan dan akhir pekan lokasi ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di Desa Fajar Esuk, lokasi ini selalu bertambah spot-spot untuk berswafoto, arena permainan anak dan remaja. Diantaranya flying fox, kolam renang, komedi putar, arung jeram, bebek sepeda air, hingga bola air. Untuk spot foto ada rumah hobbits, kupu-kupu, jembatan cinta, perahu bambu, sayap burung, bunga teratai, rumah pohon, ayunan, bulan sabit, jam dan lainnya. Ikon paling dikenal yaitu Jembatan Talang Air yang dibuat Belanda Tahun 1928 yang masih terawat dan terjaga. Jembatan ini malah kerap menjadi spot foto prewedding. Jembatan ini pun masih berfungsi mengalirkan air dari irigasi menuju persawahan warga.

 

KOTA AGUNG DAN SEKITARNYA

Kota Agung adalah Ibukota Kabupaten Tanggamus. Letak kota yang berada kaki Gunung Tanggamus dan di sisi pantai Teluk Semaka menjadikan tempat menarik untuk disinggahi. Dari catatan administrasi kolonial,   Belanda telah datang di   Kota Agung sejak tahun 1889. Banyak destinasi wisata di kota kecil ini, antara lain  Pantai Terbaya, Pelabuhan Kota Agung, Taman Kota, Islamic Center, kuliner dan oleh-oleh.

SUOH – SPECIAL INTEREST

Geotrek dengan potensi panas bumi yang luar biasa menjanjikan wisata petualangan cukup menantang, menembus jalan tanah berlumpur menyebrangi Way Semaka diakhiri dengan panorama dari danau lebar, danau belibis dan danau asam,

Pasir Kuning – Suoh Lampung Barat

Nah kalo yang ini namanya wisata Pasir Kuning yang letaknya berada dikawasan wisata Suoh Lampung Barat, tepatnya berbatasan langsung dengan Danau Asam selain wisata-wisata yang lain yang ada disuoh wisata ini pula wajib anda kunjungi karena wisata pasir kuning ini juga tidak kalah indahnya dengan wisata wisata lain yang ada di kawasan wisata suoh.

Keramikan – Suoh Lampung barat

Wisata Keramikan ini letaknya berada di kaki bukit gunung ratu, tepatnya berdekatan dengan danau belibis. wisata keramikan ini juga sangat ramai dikunjungi selain karena pemandangannya indah juga berbeda dengan wisata -wisata lainnya, wisata keramikan suoh ini adalah berupa lahar yang mengeras sehingga membentuk seperti semen di wisata ini juga terdapat air panas.

Danau Lebar – Suoh Lampung barat

Danau lebar suoh adalah danau yang letaknya ada dikawasan wisata suoh dan letaknyapun berada di pinggir jalan yang menghubungkan pekon gunung ratu dengan pekon suka marga suoh lampung barat selain indah wisata danau lebar ini adalah danau paling luas dari ke dua danau yang juga ada dikawasan ini. Selain digunakan untuk tempat rekreasi wisata danau lebar

suoh ini juga banayak digunakan para nelayan untuk mencari ikan di danau ini karena memang danau ini juga terkenal akan banyaknya ikannya.

Bagaimana menuju ke sana :

Lembah Suoh dapat dicapai dari Kuncoro (15 Km dari Kota Agung) dengan sepeda motor trial atau kendaraan 4 wheel drive. Jalur lainnya adalah dari Kabupaten Lampung Barat.

 

INFO PENTING :

HOTEL DI KOTA AGUNG

Hotel Setia Kel. Pasar Madang Kota Agung

Hotel K S Kel. Pasar Madang Kota Agung

 

HOTEL DI PRINGSEWU

Hotel Borobudur Jl. Jend. Sudirman. Pringsewu

Hotel Sari Nongko Jl. Raya Sukoharjo (0813 8086 6349 (Manto) Villa Novi Jl. Raya Sukoharjo

Hotel Marisa Jl.Melati 2 No. 177 Pringombo, Pringsewu

Hotel Melati Jl. Melati I No.183 Pringsewu Telp. (0729) 23158

Hotel Balong Kuring Jl. Raya Pringsewu-Tanggamus (0852 6908 3406 (Dafit) Urban Point Rumah Kost Jl. Melati Telp. 23277

 

HOTEL DI GISTING

Losmen Gisting Bawah

Wisma Hosana Gisting Bawah

VIP Jl. Raya Gisting Bawah

21 Jl. Raya Gisting Atas

Wisma Kenangan Gisting Bawah Wisma Wulandari Jl. Raya Batu Gisting Mess Pemda Jl. Mess Gisting

 

RUMAH MAKAN DI PRINGSEWU

Balong Kuring Jl.A.Yani Pringsewu Timur

Abang Adek Jl. Jenderal Sudirman Pringsewu Timur

RM Pagi Sore Jl.Jend. Sudirman No. 5 HP 0853 7755 3300

Sate Madura Pak Halili Jl. Jend.Sudirman No. HP 081369111362

Pawon Desa Jl. Jend. Sudirman Depan Pasar Pringsewu

Salero Minang Jl. Ahmad Yani Raya Telp. (0729) 22658

 

RUMAH MAKAN DI GISTING

Ayam Bakar Gisting Bawah Sate Sunaryo Pasar Gisting

Pecel Satee jem, Gisting atas Tanggamus

 

RUMAH MAKAN DI KOTA AGUNG

Simpang Raya Pasar Madang Kec. Kota Agung

Bahari Pasar Madang Kec. Kota Agung

Selera Bundo Pasar Madang Kec. Kota Agung

Lestari, Pantai Terbaya Kota Agung, Ikan Bakar

Otak Otak, Jalan Samudra Kota Agung

 

BANK

BCA, Jl. Jend. A. Yani 161 Pringsewu Kota Telp. (0729) 21086

BUKOPIN Jl. A. Yani Pringsewu Kota Telp. (0729)

Bank Mandiri Jl. Jend. A. Yani 9 Pringsewu Telp. (0729) 24452

BRI Jl. Jend. Sudirman 445 Pringsewu Kota Telp. (0729) 21132

BRI Jl. M. Sakib 6 Talang Padang Telp. (0729) 41134

BNI Jl. Jend. Sudirman 88 Pringsewu Kota Telp. (0729) 23733

Bank Mega Syariah Jl. Raden Intan 205 Tl, Padang Telp. (0721) 41219

Danamon Jl. Raden Intan Talang Padang Telp. (0729) 41082

 

ATM TANGGAMUS

Jl. Raden Intan No. 1 A3 Talang Padang

Jl. Jend. A. Yani No. 2150 Pringsewu

Jl. Jend. Sudirman No. 495 Pringsewu

 

POLRES & POLSEK

Polres Tanggamus Jl. Sudirman Kota Abung Telp. (0722) 21110

Polsek Kota Agung Jl. Bhayangkara Telp. (0722) 21656

Polsek Talang Padang Jl. Sakib 1 Telp. (0729) 41110

Polsek Gedung Tataan Jl. A. Yani 17 Telp. (0721)

Polsek Padang Cermin Jl. Padang Cermin Telp. (0720) 94309

Polsek Pringsewu Jl. Veteran Telp. (0729) 21210

 

RUMAH SAKIT

R UMUM PRINGSEWU Jl. Kesehatan Pringsewu Telp. (0729) 2100