Rapat Koordinasi Kepariwisataan Tahun 2019

Dinas Pariwisata Provinsi Lampung kembali mengadakan rapat koordinasi pariwisata yang diadakan di ruang rapat Wakil Gubernur Provinsi Lampung. Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur ibu Chusnunia Chalim dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata se-Kabupaten/Kota Provinsi Lampung dan Badan Penghubung Provinsi Lampung. Agenda rapat koordinasi adalah fokus pengembangan 10 destinasi prioritas sesuai dengan hasil pertemuan dengan Wakil Gubernur Lampung, rencana kegiatan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di tahun 2020 serta rencana agenda Kegiatan Anjungan Provinsi Lampung TMII Tahun 2020.

Dalam sambutanya Wakil Gubernur Lampung menyampaikan dalam 5 (lima) tahun kedepan, Pemprov Lampung akan fokus dalam mengembangkan 10 (sepuluh) destinasi pariwisata yang saat ini dianggap telah memiliki kelengkapan 3A (Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi), dan apabila dikembangkan dapat memberi dampak luas dan besar dalam peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah serta dapat mengangkat nama daerah ke tingkat nasional dan internasional. Ke sepuluh destinasi tersebut adalah

  1. Bakauheni dan sekitarnya;
  2. Krui-Tanjung Setia dan sekitarnya;
  3. Kota Bandarlampung;
  4. Pahawang dan sekitarnya;
  5. Tahura Youth Camp;
  6. Way Kambas dan sekitarnya;
  7. Pugung Raharjo dan sekitarnya;
  8. Kalianda dan sekitarnya;
  9. Pekon Ampai dan sekitarnya;
  10. Kiluan-Gigi Hiu dan sekitarnya.

Selanjutnya dalam rangka promosi ke-10 destinasi dan pelaksanaan Program Lampung Kaya Festival maka diharapkan agar Festival-festival Provinsi Lampung akan diselenggarakan di destinasi-destinasi tersebut, untuk itu perlu dipersiapkan panggung di setiap destinasi.

Selain 10 destinasi prioritas diatas, pengembangan pariwisata juga di fokuskan pada pengembangan desa wisata. Menurut Ibu Wagub perlu sentuhan desa wisata terutama dalam hal promosi, pemerintah perlu memberikan perhatian yang lebih serius dalam hal pengembangan desa wisata, sebagai langkah awal Dinas Pariwisata Provinsi Lampung sebagai leading sektornya secepatnya mengadakan Workshop tentang Desa Wisata yang outputnya adalah Modul Desa Wisata yang nantinya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pengembangan desa wisata.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan rencana kerja Dinas Pariwiata Provinsi Lampung dengan Dinas Pariwisata se-Kabupaten/Kota Provinsi Lampung, pada sesi ini di pimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Bapak Dr. Edarwan, SE.,M.Si. diantaranya :

  1. Bidang Pemasaran :
  1. ProgresKalender Event Kepariwisataan 2019 dan Rencana Kalender Event Kepariwisataan 2020 
  2. Koordinasi penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival Tahun 2020
  3. Promosi Pariwisata Lampung (bersamaKab/Kota se-Provinsi Lampung)
  1. Bidang Destinasi :
  1. Pengembangan destinasi wisata (potensi agro wisata, ekowisata, dan desa wisat. Rencana tahun 2020 akan diadakan lomba desa wisata yang pemenangnya akan mewakili Provinsi Lampung di tingkat Nasional.
  2. Pemetaan Infrastruktur dasar dan kondisi aksesibiltas menuju destinasi unggulan di wilayah masing-masing Kabupaten/Kota.
  3. Data Detil tentang Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Homestay dan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kab/Kota
  1. Bidang Kelembagaan :
  1. Agar seluruh Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota memfasilitasi dan mendata Sertifikasi Kompetensi SDM Industri Pariwisata.
  2. Sertifikasi Usaha Pariwisata dan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sesuai Peraturan Menteri Pariwisata No 10 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pariwisata, serta mengirimkan data dimaksud ke Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.
  1. Bidang Ekonomi Kreatif.
  1. Penyelenggaraan event Ekonomi Kreatif
  1. Parade Taridan Lagu Daerah, dilaksanakan di bulan Juni dan diikuti oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung
  2. Karnaval Budaya Lampung Krakatau Festival, dilaksankan di bulan Agustus dan diikuti oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung
  3. Lampung Fashion Show, dilaksanakan bulan November bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung
  1. Pengembangan sentra-sentra Ekonomi Kreatif Kabupaten/Kota akan dikembangkan sentra-sentra Ekonomi Kreatif yaitu Kota Bandar Lampung, Kota. Metro dan Kabupaten Tanggamus

 

  1. Peningkatan SDM Ekonomi Kreatif Kabupaten/Kota yang akan mendapatkan pelatihan peningkatan SDM Ekonomi Kreatif yaitu Kota Metro, Kab. Tulang Bawang, Kab. Tulang Bawang Barat dan Kab. Mesuji.

Rapat terakir yaitu penyampaian rencana agenda Kegiatan Anjungan Provinsi Lampung TMII Tahun 2020 yang disampaikan oleh ibu Yuda Sukmarina yaitu :

  1. Pada bulan April akan dilaksanakan kegiatan Gelar Citra Tradisi
  2. Pada bulan Juli akan dilaksanakan kegiatan Pekan Liburan Sekolah
  3. Pada bulan Agustus akan dilaksanakan kegiatan Pekan Agustus
  4. Pada bulan Oktober akan dilaksanakan kegiatan Paket Acara Khusus
  5. Pada bulan Desember akan dilaksanakan kegiatan Pekan Tahun Baru

Diakhir rapat Kepala Dinas Pariwisata se-Kabupaten/Kota Provinsi Lampung menyutui untuk partisipasi pada pelaksanaan kegiatan Anjungan Provinsi Lampung TMII Tahun 2020.

 

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.